PostHeaderIcon Alasan Baik Mematikan Lampu Saat Tidur

 

Beberapa di antara kita suka matikan lampu waktu tidur malam. Ternyata kebiasaan ini baik loh menurut para ahli. Anjuran mematikan lampu saat tidur dibuktikan secara medis oleh seorang peneliti bernama Joan Robert.

Di dalam tubuh terdapat hormon yang disebut hormon melatonin, yang merupakan hormon kekebalan tubuh dan dapat memerangi serta mencegah sejumlah penyakit, termasuk kanker. Dengan tidur dalam kondisi gelap, tubuh akan memproduksi hormon melatonin. Sementara ketika dalam keadaan terang, produksi hormon melatonin terhenti.

Penelitian berikutnya yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer Genetics and Cytogenetics menemukan bahwa menyalakan cahaya buatan pada malam hari ketika tidur, ini bisa berarti lampu, dapat memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Penelitian ini diperkuat dengan penelitian yang dipublikasikan pada 17 November 2010 lalu pada acara Society for Neuroschience di Sand Diego. Dalam penelitian ini menyebutkan bahwa orang yang terkena cahaya di malam hari rentan terhadap depresi (sumber:Liputan 6).


Terakhir Diupdate (Sabtu, 22 September 2018 07:44)

 

PostHeaderIcon Temukan Kami di Facebook

Find us on Facebook
Visitors Counter
346472
Hari IniHari Ini207
KemarinKemarin272
Minggu IniMinggu Ini1539
Bulan IniBulan Ini3518
Setiap HariSetiap Hari346472
Browse this website in: