PostHeaderIcon Tertawa itu Sehat

 

sumber foto: mirror.co.uk

 


Tertawa memang bisa berdampak besar, nih. Ini dia fakta-fakta unik dari tertawa yang disalin dari Hai-online:

1. Tertawa bisa terjadi padahal tidak ada hal yang lucu
Robert Provine, seorang psikolog dari University of Maryland menemukan bukti kalau manusia bisa tertawa saat mereka lagi bas a-basi dengan temannya, bukan karena ada banyolan yang dilontarkan. Robert juga mengungkapkan kalau 30 kali lebih mungkin menertawakan sesuatu saat bersama temen daripada saat sendiri. Tertawa juga bermanfaat mempererat ikatan satu sama lain atau dalam kelompok. Manusia sering tertawa pada kata-kata dan komentar lawan bicara yang mungkin tidak selalu lucu. Dari situ bisa dilihat, tertawa juga bisa jadi bentuk komunikasi, bukan hanya reaksi.

2. Pasangan yang lebih sering tertawa bersama akan lebih langgeng
Robert Levinson, profesor psikologi di University of California Berkeley, mengundang beberapa pasangan ke laboratoriumnya. Ia meminta masing-masing pasangan membicarakan sesuatu yang membuat mereka kesal tentang pasangannya. Hasilnya pasangan yang bisa berbicara hal itu sambil tertawa dan senyum bisa melepaskan emosi lebih baik. Dengan tertawa mereka juga merasakan hubungan yang lebih memuaskan dan hubungan asmaranya lebih langgeng.


3. Tertawa itu "menular"
Pernah nggak sih, tertawa gara-gara lihat orang lain? Ini karena otak kita bisa merespon orang tertawa dengan mengikuti ekspresi yang sama tanpa ada perintah diminta menirukan. Maka tidak jarang, kita ikut juga.

4. Tertawa bisa membakar kalori
Pernah mendengar temuan kalau tertawa bisa membakar kalori? Itu emang bener, lho. Dengan tertawa 10-15, 40 kalori tubuh kita terbakar. Menurut sebuah studi dari Vanderbilt University, saat tertawa bakal terjadi peningkatan denyut jantung dan penggunaan oksigen yang lebih besar. Semua reaksi itu membutuhkan tenaga yang nggak sedikit. Makanya kalori bisa dengan mudah terbakar.

5. Tertawa menyehatkan tubuh

Banyak penelitian yang menemukan kalau tertawa bisa menyehatkan tubuh. Contohnya, sebuah penelitian dari Loma Linda University yang menunjukkan kal au tertawa bisa meningkatin daya ingat orang dewasa pada usia 60 dan 70-an. Selain itu, peneliti dari University of Maryland School of Medicine juga menemukan kalau nonton film komedi bisa memperbaiki fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke otak. Banyak kan, manfaat tertawa?


Terakhir Diupdate (Minggu, 06 Mei 2018 04:33)

 

PostHeaderIcon Temukan Kami di Facebook

Find us on Facebook
Visitors Counter
346229
Hari IniHari Ini236
KemarinKemarin240
Minggu IniMinggu Ini1296
Bulan IniBulan Ini3275
Setiap HariSetiap Hari346229
Browse this website in: