PostHeaderIcon Tinggalkan Ini, Jerawat akan Hilang

sumber foto: hellomagazine.com


Banyak dari Kita yang sering sebal dengan jerawat meskipun sudah melakukan perawatan. Kita mungkin juga sudah menghabiskan banyak produk anti jerawat, namun jerawat tetap saja muncul.

Melenyapkan problem jerawat memang tidak mudah. Banyak faktor yang harus ditelusuri agar dapat dituntaskan secara tepat. Namun, sadarkah kalau kebiasaan sehari-hari juga menjadi faktor penyumbang hadirnya jerawat?

Tidak selamanya jenis kulit, produk, atau kondisi hormon yang bersalah. Berikut ini, Harpers Bazaar merangkum beberapa kebiasaan yang bisa menjadi akar masalah timbulnya jerawat:

1. Layar telepon kotor
Tanpa disadari ketika kondisi wajah sedang kotor atau memakai riasan, residu tersebut sering menempel di layar telepon genggam. Kalau tidak rajin membersihkannya, maka bersiaplah untuk menyapa jerawat yang akan muncul di wajah.

Solusi : Bersihkan dengan produk yang mengandung disinfektan namun juga aman untuk alat elektronik.

 

2. Menyentuh jerawat
Kebiasaan yang satu ini memang sulit dihilangkan. Godaan untuk menekan jerawat meradang demi mengeluarkan sebum yang terjebak seolah tidak bisa terhindari. Padahal Kita tahu benar, kalau jemari Kita belum tentu bersih dan bebas dari kuman. Apalagi dengan mencoba memijit jerawat, akan membuatnya semakin meradang dan timbul iritasi.

Solusi : Tahan diri untuk menyentuh wajah dan selalu cuci tangan sebelum membersihkan atau mengoleskan produk perawatan wajah.


3. Aplikator make up kotor
Memakai kuas rias atau sponge berulang kali tanpa dicuci adalah sumber kuman bagi wajah. Terlebih lagi, akan menyebabkan terjadinya kontaminasi bakteri pada produk make up yang digunakan. Mungkin, secara kasat mata peralatan tata rias terlihat bersih, padahal coba rendam lalu lihat hasilnya.

Solusi : Cuci secara rutin kuas rias dengan produk khusus atau memakai sampo bayi demi menjaga kualitas bulu dari kuas tersebut. Begitu juga dengan sponge, rendam terlebih dahulu sampai kotoran keluar.

Setelah itu, pastikan aplikator make up tersebut kering sepenuhnya, karena kondisi lembap akan mendatangkan kuman. Jangan lupa untuk selalu ganti kuas dan sponge setiap tiga bulan demi menjaga kosmetik tetap higienis serta wajah bebas jerawat.


4. Jarang mencuci seprai dan handuk
Selain bisa menjadi sarang tungau, menggunakan seprai terlalu lama akan menimbulkan jerawat. Semisal Kita baru saja berkegiatan di luar rumah, kemudian langsung merebahkan diri di atas bantal. Bayangkan seberapa banyak kotoran yang menempel pada sarung bantal.

Selanjutnya adalah pemakaian handuk berulang selama lebih dari satu minggu. Kebiasaan itu sama saja dengan mengotori kembali tubuh yang sudah bersih setelah mandi.

Solusi : Ganti seprai dua kali seminggu dan handuk setiap hari. Perhatikan pula kandungan deterjen yang Kita gunakan untuk menghindari iritasi atau reaksi alergi pada kulit sensitif.

5. Potongan rambut menutupi bagian wajah
.
Apabila Kita menyukai gaya rambut berponi, sebaiknya perhatikan lagi kondisi kulit wajah. Tidak jarang, dahi menjadi mudah berjerawat karena area tersebut lebih berminyak dan lembap akibat tertutup poni.

Solusi : pilihlah gaya rambut yang tidak hanya membuat lebih percaya diri, namun juga dapat menjaga wajah tetap bersih.

6. Kurang tidur.
Kualitas tidur sehari-hari akan mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan. Terlalu sering terjaga apapun alasannya, selain akan berakibat pada kesehatan tubuh, namun juga kulit wajah. Kurang tidur akan memicu meningkatnya tingkat stres yang kemudian membuat keseimbangan hormon terganggu. Hasilnya? Jerawat!

Solusi : Hentikan segala kegiatan ketika mata mulai mengantuk. Idealnya, tidurlah sebelum pukul 10 malam dan bangun sebelum matahari bersinar, karena saat itulah kondisi tubuh lebih prima.


Terakhir Diupdate (Senin, 09 April 2018 02:44)

 

PostHeaderIcon Temukan Kami di Facebook

Find us on Facebook
Visitors Counter
346486
Hari IniHari Ini221
KemarinKemarin272
Minggu IniMinggu Ini1553
Bulan IniBulan Ini3532
Setiap HariSetiap Hari346486
Browse this website in: